Kamis, 25 Juni 2015

Mengubah chainring sepeda MTB jadi Single atau Dual speed.


Sepeda MTB biasanya menggunakan crank dengan Triple Chainring.
Masing - masing chainring digunakan untuk kondisi jalan berbeda - beda.

Contohnya chainring terbesar, digunakan pada track lurus datar seperti aspal.
Biasanya rider menggunakan chainring ini untuk mengejar speed.
Chainring ini berjumlah 40-44-48 Tooth.

Chainring tengah, biasa digunakan untuk melibas track makadam, turunan dengan bebatuan maupun turunan dengan banyak akar melintang.
Rider yang biasa offroad pasti sering mengandalkan chainring ini.
Dengan jumlah gigi 32-34-36T.

Sedangkan chainring terkecil biasa digunakan untuk menanjak, seperti tanjakan curam, tanjakan panjang, maupun tanjakan setan yang serasa gak ada ujungnya hehe.
Jumlah gigi nya pun beragam, ada 20-22-24T.

Bagi rider yang bukan bertipe speed freak onroad seperti saya, chainring terbesar pasti jarang digunakan.

Nah, untuk membuat tampilan crank lebih simple dan mengurangi bobot sepeda,
Berikut tutorial sederhana dan murah tentunya.

Peralatan :
- Kunci L
- Ring plat, kisaran harga 500x4buah = 2000
Cari ring yang diameternya pas dengan diameter baut penguncinya.

- Ring per atau Spring Washer, kisaran harga 400x4buah = 1600
Ring per keuntungan nya lebih tebal dan mengunci mur lebih kuat.

Cari ring per dengan diameter yang pas untuk mur, bukan bautnya. Ingat !
- Sendok atau garpu. | buat apa gan?? | udeh percaya ama ane aja

Cara nya :
1. Lepas baut pengunci chainring terbesar dengan kunci L.
2. Lepas chainring besar dari crank.
3. Pasang kembali baut dan mur pengunci pada crank dan chainring tengah dengan susunan baut + ring plat + ring per dimasukkan dari depan crank, sementara mur nya dimasukkan dari belakang chainring tengah.
4. Kencangkan baut dengan kunci L, sedangkan untuk penahan mur supaya tidak ikut berputar, anda bisa menggunakan sendok atau garpu dengan gagang rata.
5. Bila sudah kencang, coba gunakan sepeda dengan chainring tengah untuk wheelie atau ngebut, setelah itu kencangkan kembali semua bautnya.

Maka hasilnya akan seperti ini :
Simple kan ?



Sorry. Sepeda masih kotor hehe



Nah, untuk mengubah ke single speed maka tinggal lepas chainring terkecil.
Tetapi harus melepas crank dari frame terlebih dahulu.

Resiko lain dari single speed adalah saat menanjak terasa berat bagi yang belum terbiasa, serta akan merusak rantai karena chainline terlalu bengkok.


Keuntungan single speed chainring adalah bisa melepas FD dan shifter kiri, menjadikan handlebar lebih bersih.
Tetapi harus ganti chainring tengah dengan chainring tipe narrow wide untuk mengurangi resiko rantai terlepas saat menuruni turunan makadam atau offroad bro !

Bagi yang ga mau ribet custom, bisa beli baut khusus single chainring di situs jual beli online.
Ada beberapa merk yang ditawarkan, seperti Wolftooth, Sapience dll.
Untuk harga kisaran 90ribu keatas, padahal kalo custom cuma goceng aja ga ada haha

Wolf  Tooth.
Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat.
Silahkan coret coret kolom komentar bila ingin bertanya, jangan lupa share :)

37 komentar:

  1. Bagus artikelnya. Perlu dicoba nih

    BalasHapus
  2. kereennn Bos infonya tks ya

    BalasHapus
  3. bos fd + shifternya gimana dari 3 speed jdi 2 sped??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shifter tetep pake yg 3 speed om, tapi perlu penyesuaian settingan karena yg dipake itu speed 1 dan 2 saja.
      Bawa aja ke bengkel sepeda utk setting karena tiap speed akan berbeda jangkauannya (range) .

      Hapus
  4. cara matiin shiter y biar jadi 2 gimana ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa beli shifter dual speed atau diakalin settingan shifter utk gear 1 dan 2 saja yg dipake gan.

      Hapus
  5. Kalo buat cross country perlu pake chain guide ngga bro ? Soalnya pengem main lite DH juga pake mtb ane :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo frame nya ada iscg mounting nya bisa itu bro, lebih safety.

      Hapus
  6. Kalau yg sy lepas chainring 22T nya gimana cara ngaturnya biar chainline nya pas. Mohon bimbingannya suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masih pake bb kotak mungkin agak susah om, kecuali bb HT2 nanti tinggal spacer bb kanan nya aja di tambah atau kurangi.

      Hapus
  7. Apa gk mudah lepas rantai depan nya gan?punya q yg depan sering lepas rantainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih pake FD kemungkinan lepas nya sedikit om karena masih ketahan FD

      Hapus
  8. Nah kalau fd nya di ganti gak broeww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya masih pake FD 3sp. Yg dipake shifter nya 1-2 aja

      Hapus
  9. Bos kalo singgle chainring prowhell 32T ganti yg 34T apa bisa, ukuran brp jarak bautnya... Maaf newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba browsing dulu prowheel itu BCD nya berapa.. saya kurang tau soalnya. Crank itu ada yg ukuran 104BCD dan 96BCD

      Hapus
  10. Aku juga sering lepas om.. ada solusi lain ga selain pasang fd lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah banyak yg jual single chainring yg sudah narrow wide om, tinggal tambah chain guide mounting BB utk mengurangi potensi rantai lepas.

      Terimakasih sudah berkunjung 😊

      Hapus
  11. Bos punyaku triple Speed 22-30-40
    Kalau mau di modif jadi dual speed 22-36 jadi sekalian chainring tengah di ganti 36t bisa gak? Klo bisa chainring'nya sperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung tipe crank gan, crank itu ada yang ukuran 96BCD ada yg 104BCD. Kalo sudah tau ukuran BCD pada crank, bisa cari chainring jenis narrow wide dengan ukuran BCD tsb. Semoga membantu

      Hapus
    2. Crank punyaku 96BCD.
      Jadi yg ukuran 22T tetap bawaan standart ya, yg ganti cuma chainring uk.36T Tipe narrow wide?

      Hapus
    3. Oh kalo mau dual speed, cari yg tipe biasa aja gan. Banyak kok yg jual chainring copotan baru maupun bekas. Yg penting disesuaikan ukuran BCD dan jumlah teeth nya gan.

      Jadi yg 22T tetap terpasang, yg besar dilepas, yg tengah diganti 36T tipe biasa. Semoga membantu

      Hapus
  12. gan mtb bisa pakai chainring 58 kah?
    apa kendalanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 58T biasa nya untuk fixie atau RB setahu saya gan, kalau dipasang di MTB pun bisa asalkan crank as nya sesuai dengan BB yg digunakan.

      Bisa pakai crank utk RB, BB nya pun disesuaikan dengan crank tersebut.

      Kendala nya ya mungkin berat saat dikayuh, karena beda ukuran ban RB dan MTB. Bisa pakai ban aspal ukuran 1.50 biar ngacirr hehe

      Hapus
  13. berarti gak ada perbedaan ukuran panjang as crank antara single, double & triple speed ya gan? maaf nubi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk panjang crank as kurang lebih sama, yg bikin beda panjang nya adalah pemakaian spacer BB (berlaku untuk BB hollowtech II). Namun untuk crank dengan BB kotak, panjang crank as tergantung panjang BB nya.

      Semoga membantu :)

      Hapus
  14. Om, kalau mau merubah single chairing ke double yg dibutuhkan apa aja, saya pake single crank 54t,rencana mau saya tambah chainringnya biar jadi double

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg jelas harus ada lubang untuk dudukan chainring om,pake crank apa itu ?

      Hapus
  15. Aslm om ..crank sy masi bawaan sepedanya (united, 24-34-..lupa..poko 3 speed)...saya mau robah ke single speed tp pake chain yg kecil doang (atau lebih kecil lg 22/20 t) bisakah? Apa saja perangkat pendukung lainnya yg diperlulan...🙏

    BalasHapus
  16. Klo mau ganti chairing narrow wide apa rantai juga hrs ganti

    BalasHapus